Minggu, 26 Desember 2010

Kepemimpinan

Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama.

Stogdill (1974) menyimpulkan bahwa banyak sekali definisi mengenai kepemimpinan. Hal ini dikarenakan banyak sekali orang yang telah mencoba mendefinisikan konsep kepemimpinan tersebut. Namun demikian, semua definisi kepemimpinan yang ada mempunyai beberapa unsur yang sama.

Sarros dan Butchatsky (1996), "leadership is defined as the purposeful behaviour of influencing others to contribute to a commonly agreed goal for the benefit of individual as well as the organization or common good". Menurut definisi tersebut, kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi.

Sedangkan menurut Anderson (1988), "leadership means using power to influence the thoughts and actions of others in such a way that achieve high performance".

Berbagai Definisi Mengenai  Pemimpin Menurut Ykul (1989)
Konsep yang Luas
Konsep yang Terbatas
1.   Seseorang yang mempengaruhi anggota kelompok

1. Seseorang yang pengaruhnya kuat terhadap anggota kelompok lain (kepemimpinan terarah)
2.   Seseorang yang mempengaruhi
anggota kelompok dalam segala hal
2. Seseorang yang secara sistematis mempengaruhi perilaku anggota ke arah pencapaian tujuan kelompok
3.   Seseorang yang mempengaruhi anggota-anggota kelompok agar menaati kehendaknya, baik secara sukarela maupun tidak
3. Seseorang yang mendapatkan komitmen yang antusias dari anggota kelompok untuk melaksanakan kehendaknya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar