Jumat, 05 November 2010

Norming: Norma

a. Norma kelompok yang alami
Pertama, norma adalah struktur yang menggambarkan kejadian yang akan terjadi atau tidak akan terjadi. Kedua, mengevaluasi elemen yang dilibatkan, sejak norma sering diyakini bahwa tingkah laku lebih baik dari pada yang lainnya. Ketiga, banyak norma yang tidak normal diadopsi kelompok tetapi menghasilkan perubahan yang berangsur-angsur dalam tingkah laku sampai banyak anggota menerima standar sebagai garis batas untuk berinteraksi. Keempat, norma seringkali didapat dari anggota dari anggota kelompok yang lebih besar menjadi terang hanya ketika dilanggar. Kelima, meskipun orang-orang mematuhi norma kelompok tidak semata-mata untuk dilanggar dan mendapatkan sangsi atau untuk persetujuan.

b. Perkembangan norma
Menurut Muzafer Sherif, perubahan yang refleks bagaimana orang-orang dalam kelompok datang untuk mengembangkan standar dalam pelayanan sebagai bingkai referensi untuk tingkah laku dan persepsi.

c. Norma-norma penghargaan
meskipun angka kemungkinan dapat dan digunakan untuk mengalokasikan hadiah, teori yang bagus dan penelitian yang difokuskan dalam norma yang disamakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar