Jumat, 05 November 2010

PERFORMING

Kelompok pada tahap ini dapat berfungsi dalam menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan efektif tanpa adanya konflik yang tidak perlu dan supervisi eksternal. Anggota kelompok saling tergantung satu sama lain dan mereka saling respek dalam berkomunikasi. Supervisor dari kelompok ini bersifat partisipatif. Keputusan penting justru banyak diambil oleh kelompok.


Pada fase ini, sebagian anggota juga menunjukkan kemampuan sebagai kemampuan kepemimpinan atau fasilitasi kelompoknya sendiri. Pada fase ini, fasilitator harus mengurangi perannya. Perlahan-lahan mundur atau bahkan menjadi anggota biasa adalah jalan yang bisa ditempuh.



Pada tahapan ini, seluruh tugas telah selesai dikerjaan dan tujuan utama pembentukan kelompok sudah terpenuhi. Terkadang muncul rasa sedih diantara peserta. Sebagian mulai memikirkan tugas lain yang telah menanti. Fasilitator yang baik diharapkan dapat membantu peserta dalam mempersiapkan masa transisi dari pembentukan kelompok menuju bubarnya kelompok. Pastikan bahwa ada semacam ‘ritual’ perpisahan, baik secara individu maupun secara kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar